Minggu, 11 Mei 2008

3 Pengurus Partai Islam Tepis Tren Penuruan

Penulis: Akhwani Subkhi

Student Center
, UINJKT Online - Tiga partai yang berazaskan Islam menepis hasil survey Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menyatakan trend partai Islam menurun. Ketiga partai tersebut adalah Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pernyataan itu disampaikan perwakilan dari ketiga partai ketika menjadi narasumber acara talkshow bertajuk Kancah Politik Partai Islam Menuju Pemilu 2009, di Aula Student Center, Senin, (21/4) malam. Acara talkshow ini merupakan rangkaian acara UIN Book Fair 2008 yang diselenggarakan oleh beberapa Badan Eksekutif Mahasiswa dari Partai Intelektual Muslim (PIM).

Wakil Sekretaris Jenderal PBB Sabar Sitanggang membantah keras hasil survei LSI tersebut. "Trend partai Islam menurun itu salah dan ini jelas-jelas menyesatkan," ungkap Sabar dengan tegas. Pernyataan Sabar itu didukung Ketua Bidang Humas DPP PKS Ahmad Mabruri yang mengatakan hasil survei LSI salah ada benarnya.

"Pada 2004 hasil survei LSI menyatakan PKS tidak akan lolos electoral treshold, tapi kenyataanya PKS lolos," papar Mabruri. Sementara itu Sekretaris Majelis Pakar DPP PPP Sihabudin Nur mengungkapkan hasil penelitian LSI ok-ok saja karena telah menggunakan metodologi. "Namun, LSI hanya memaparkan hasilnya saja tapi tidak mempublikasikan misalnya variabel dan indikator penelitian yang digunakan," ungkapnya.

Selain menolak hasil survei, ketiga partai itu juga menepis pernyataan yang mengatakan partai yang menggunakan ideologi Islam mulai mencair. Menurut Mabruri ideologi Islam mulai mencair itu tidak ada dan tidak benar. Sedangkan menurut Sihabudin istilah cair tidak cair ideologi Islam itu hanya konstruksi pers saja. "Saya tidak percaya dengan hal itu," tegasnya.

Namun sayangnya, dalam kesempatan tersebut, pihak LSI tidak diundang. Sehingga, sejumlah peserta menganggap acara tersebut tidak fair.

Tidak ada komentar: